Kamis, 10 November 2011

Laboran Berprestasi Nasional


A. DESKRIPSI IMPLEMENTASI DAN PRESTASI

Saya Tarmizi, B.Sc., S.Pd. mulai diangkat menjadi analis pada tahun 1986. Prestasi pertama saya sebagai anggota tim (satu orang dari Jakarta dan satu orang dari Inggris) dalam instal alat-alat laboratorium IKIP Padang 1991 dan 1997.
Sebagai seorang analis, saya telah menyusun daftar zat dan bahan kimia yang pernah ada di Laboratorium Biologi (sewaktu saya betugas di Lab. Bio) dan daftar zat dan bahan kimia yang pernah ada di Laboratorium Kimia. Daftar ini direvisi dan masih dimanfaatkan sampai sekarang.
Saya juga sering memodifikasi alat praktikum, misalnya meomdif alat destilasi untuk mengatasi kekurangan alat, mengganti elemen alat sesuai dengan kapasitas voltase tersedia, mencarikan alternatif prosedur dan alat bagi mahasiswa yang berkonsultasi untuk penelitian mereka jika diizinkan oleh pembimbingnya.
Untuk memodifikasi alat saya uraikan sebagian dalam buku yang diterbitkan. Sebagian lagi masih dalam penyempurnaan. Misalnya membuat alat destilasi dari bola lampu pijar bekas dan lampu templok sebagai pamanas serta botol bekas air mineral sebagai kondensor, yang diset pada rak khusus.
Mengingat seringnya alumni FPMIPA (guru SMP dan guru SMA) datang kepada saya untuk mendapatkan informasi dan prosedur tentang pembuatan pereaksi kimia dan berdiskusi merancang topik-topik praktikum untuk para siswa di sekolah mereka, maka pada tahun 1989 saya merangkum dan menyusun Penuntun Praktis Pembuatan Reagen untuk mahasiswa atas izin kepala laboratorium. Penuntun tersebut juga dibutuhkan oleh guru. Pada awalnya saya ketik stensil dan diperbanyak (70 eksemplar) yang dibagikan secara gratis kepada mahasiswa.
Pada tahun 1993 mulai saya tambah dan diterbitkan 3 buku di penerbit Angkasa Raya Padang.
1) Petunjuk Penyediaan dan Pembuatan pereaksi kimia jilid 1(untuk Biologi).
2) Kamus Istilah Kimia Populer.
3) Petunjuk Penyediaan dan Pembuatan pereaksi kimia jilid 2.
Pada tahun 2005 diterbitkan 1 buku Petunjuk Laboratorium IPA SLTP di penerbit Angkasa Raya Padang.
Pada tahun 2007 diterbitkan 1 buku Petunjuk Laboratorium IPA (untuk mahasiswa, guru dan dosen) di penerbit UNP Press
Pada tahun 2008 diterbitkan 1 buku Pembuatan Pereaksi Kimia di penerbit UNP Press. Pada tahun 2008 ini akan diterbitkan buku Pengelolaan Laboratorium Sai.
Pada tahun 1992 diminta menjadi pemakalah pada seminar nasional di UNAND membawakan makalah hasil penelitianan sebanyak 2 makalah.
1. Pembuatan Asam Sitrat dari Limbah Tapioka (penelitian saya sendiri).
2. Pakis Haji sebagai Makanan Alternatif (Penelitian Alisman Saogo Saere, B.Sc) yang kami presentasikan berdua.
Makalah yang pertama melahirkan ide pembentukan pabrik asam sitrat sebagai industri hilir dari tapioka di Lampung. Sayangnya saya tidak mendapatkan royalti, karena saya tidak dapat memberikan rincian biaya sebuah pabrik dan rancangan bagan pabrik yang diminta selesai presentasi. Pabrik itu berdiri dua tahun kemudian (1994)
Pada tahun 2000 saya mengaplikasikan kajian saya tentang mempercepat berbuah tanaman. Setelah mengumpulkan berbagai referensi, saya mulai menginfus pohon mangga yang di tanam dalam pot. Pohon itu berasal dari biji, bukan hasil cangkokan. Saya menginfuskan sejenis gas, yang bagi tanaman merupakan hormon/stimulan generatif (perangsang bunga, buah, dan biji). Kebiasaan yang sudah berlaku adalah menyemprotkan cairan ke tanaman agar berbunga, cepat dan merata matangnya buah. Cairan tersebut kemudian menghasilkan gas. Tetapi saya menginfus kulit batang mangga langsung dengan gas melalui tabung plastik yang dipasang pentil. Gas infus tersebut tetap melekat pada kulit batang beberapa lama. Untuk pohon karet, gas itu bisa tahan 4 bulan dan dapat mengeluarkan lateks 4 kali biasa. Hal ini sudah saya publikasikan di Harian Independen Singgalang.
Adapun prestasi saya yang mungkin dapat dipertimbangkan yang masih berhubungan dengan kerja seorang analis yaitu:
1) Menulis artikel tentang tanaman obat hasil pelitian para mahasiswa di Laboratorium Kimia Organik (1993-1998, 2005-2006) di koran dan majalah serta tabloid di Padang, Jakarta dan Bandung (dengan tetap mencantumkan identitas saya sebagai analis FMIPA-IKIP Padang/MIPA UNP.
2) Sebagai Staf Pengajar Praktikum di Akademi Analis Kesehatan (1996-1997). 3) Sebagai Koordinator Laboratorium di SMA Abdullah Ahmad (1998).
Padang, 16 April 2009

Tarmizi, B.Sc., S.Pd
NIP 131462563

B. URAIAN PRESTASI KREATIF YANG PERNAH DIIMPLEMENTASIKAN
1) Pada tahun 1999 saya mulai membuat air suling dari AC. Mengatasi kekurangan akuades (air suling), saya memanfaatkan AC (Air Conditioner) sebagai alat untuk menghasilkan air suling meskipun hanya air yang diembunkan dari udara, bukan dipanaskan menjadi uap lalu didinginkan, seperti lazimnya. Hasilnya diuji dengan larutan perak nitrat untuk mendeteksi klorida, karena laboratorium kimia UNP dekat laut (500 m). Ternyata air suling tersebut diminati para mahasiswa setelah mereka bandingkan dengan air suling di pasaran. Para dosen juga memanfaatkan air suling saya. Ide saya dilaksanakan setelah disetujui oleh Koordinator Laboratorium Kimia IKIP Padang Drs. Iswendi, M.S.
2) Pada tahun 1997 saya bersama Kepala Laboratorium Biologi (Drs. Sudirman) merakit alat mikroskop ke kamera video yang dihubungkan ke layar televisi. Temuan kami dipamerkan pada pameran Dies natalis IKP Padang 1997.
3) Pada tahun 2006 saya memanfaatkan barang bekas menjadi alat laboratorium. Hal ini saya lakukan setelah saya bersama Dr. Jon Efendi, M.Si mengunjungi beberapa SMP di kota Padang. Di SMP belum tersedia alat destilasi, padahal dalam pelajaran sains di SMP dipelajari bagaimana merubah air laut menjadi air minum atau air kotor menjadi air bersih. Maka saya rancang alat destilasi sangat sederhana dari barang bekas yang harganya dapat terjangkau oleh sekolah, atau jika guru mau menyediakan waktunya, ia dapat merakit sendiri alat tersebut. Alat rakitan itu juga dapat digunakan untuk praktikum fisika (mengubah energi panas menjadi energi uap dan energi gerak) setelah menambah beberapa barang lainnya. Gambar terlampir
4) Di laboratorium kimia terdapat 4 ruang gudang. Pada tahun 1998 saya pisahkan antara zat cair dengan zat padat dengan menyusunnya secara alfabetis, menyusun daftar dan kodenya. Satu ruang dimanfaatkan untuk penyimpan alat. Saya juga mengajukan penambahan 2 ruang gudang lagi di belakang gedung laboratorium untuk zat cadangan. Proposal saya diterima dan kini sudah ada 2 ruang gudang cadangan.
5) Pada tahun 2008 saya juga membuat blogger internet untuk meng-upload tulisan yang berasal dari tugas riset para mahsiswa FMIPA UNP ditambah sumbangan tulisan oleh dosen UNP dan mahasiswa IPB serta UT. Adapun blogger tersebut adalah Mipa Unp Student Expo dengan situs: http://analisateknisia.blogspot.com
6) Membuat presentasi: 1) Pengenalan dan pemeliharaan alat gelas, 2) pengenalan dan pemeliharaan alat besi dan instrumen, 3) profil Laboratorium Kimia FMIPA UNP, 4) profil Jurusan Kimia FMIPA UNP. Presentasi ini disediakan untuk dipresentasikan di depan mahasiswa dan tamu yang berkunjung ke labor.
7) Menggilir topik praktikum. Ada beberapa judul praktikum di laboratorium Kimia yang tidak dapat dilaksanakan untuk satu lokal mahasiswa yang berjumlah antara 32-40 orang. Hal ini disebabkan keterbatasan alat, meskipun mahasiswa praktikan sudah dibagi dalm beberapa kelompok (satu kelompok 3-5 orang). Mengatasi hal ini saya sesakan jumlah ketersediaan alat dengan satu topik praktukum. Hasilnya mungkin saja dalam satu kali praktikum dijalankan 4 atau 5 judul yang bergilir selama 4-5 minggu. Demikian seterusnya pada bulan berikutnya. Karena di Jurusan Kimia UNP ada 8 laboratorium, maka saya konsultasikan ide ini dengan teman-teman anali/laboran lainnya. Keputusan kami ini kami sampaikan kepada para dosen pembina praktikum. Alhamdulillah, gagasan ini sudah menjadi kenyataan dan dijalankan untuk praktikum topik-topik tertentu. Selain itu, ada juga topik prakikum yang ketersediaan zatnya sudah habis, saya anjurkan kepada dosen yang bersangkutan untuk menggantinya dengan topik yang lain. Untuk itu, suatu penuntun praktikum yang dijalankan dalam 16 kali pertemuan, wajib menyediakan lebih dari16 topik praktikum.
8) Merevisi dan merncang topik praktikum. Untuk mata kuliah yang sudah ada praktiukmnya, setelah melalui evaluasi dari semester ke semsetr, ada topik praktikum yang perlu direvisi, diganti tau ditambah topik baru. Saya sebagai analis/laboran/teknisi yang sudah cukup lama di Jurusan Kimia, diminta untuk ikut bekerja. Untuk praktikum yang belum ada sebelmnya, saya juga diminta untuk membantu menyediakan draft topik praktikum lengkap. Draft ini akhirnya direvisi oleh tim praktikum yang bersangkutan.
Ada ide yang tidak dapat saya wujudkan karena hanya berupa ide, yang hanya dapat dilaksanakan oleh pengambil keputusan. 1) Menyediakan shower di tiap lantai Laboratorium Kimia yang bermanfaat untuk menyiram tubuh bagi mahasiswa atau praktikan yang terpercik cairan kimia. 2) Membuat penghubung yang diberi atap antar gedung di FMIPA atau ke seluruh fakultas di UNP. Ide ini sudah saya sampaikan kepada Dekan dan Dekan II FMIPA.
Padang, 16 April 2009

Tarmizi, B.Sc., S.Pd
NIP 131462563

CURUCULUM VITAE
I. KETERANGAN PERORANGAN
1. Nama : Tarmizi, B.Sc., S.Pd
2. NIP : 131462563
3. Pangkat/Golongan : Penata/ IIIc
4. Tempat/Tanggal lahir: 30 Maret 1963
5 Jenis Kelamin : Lelaki
6. Agama : Islam
7. Alamat : Komp. Bungomas Blok BB/8 Kel. Bung Pasang Padang 25171

II. RIWAYAT PENDIDIKAN
Pendidikan Jurusan Tahun tamat Tempat
SD umum 1975 Lubuk Bulanyg
SMP umum 1979 Sungai Dareh
SAKMA Kimia 1983 Padang
ATIP Kimia Analis 1991 Padang
S-1 Pendidikan Kimia 2005 Padang
S-2 TP-MIPA Masih kuliah Padang

III. KURSUS/LATIHAN DALAM NEGERI
Nama kursus/ Latihan/Seminar Lamanya/waktu Tahun
LPJ Tingkat II 14-10 s/d 01-11-1985 1985
Penataran P4 45 jam 18 s/d 18-09-1986 1986
Seminar Iptek Dalam pengelolaan Sumber Daya Alam Kawasan Hutan Tropis (Pemakalah) 17 September 1992 1992
Healt And Safety 28-03 s/d 02-04-1994 1994
Penataran P4 45 jam 3 s/d 11-07-1995 1995
Laboratory Organization and Management 03-04 s/d 10-04-1994 1994
Use and Care Laboratory Equipment 11-04s/d 16-04-1994 1994
Pelatihan Kehumasan 29-01 s/d 0202-1996 1996
Piagam Penghargaan (Penulis)
Menyumbangkan naskah untuk Pendidikan Dasar dan Menengah serta Perguruan Tinggi 17-08-1996 1996
Pelatihan Bahasa Inggris 02 -09-1998 s/d 01-03 1999 1999
Magang Teknisi/Laboran di Jurusan Kimia dan Fisika FMIPA Universitas Indonesia Sept. dan Okt. 2000 2000
Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV 19 -08 s/d 29-09-2007 2007
Lokakarya Peningkatan Kinerja Kinerja Tenaga Administrasi Universitas Negeri Padang 4-5 Juli 2005 2005
Semlok Editing Buku dan desain Grafis 19 s/d 21 Februari 2007 2007
Semloknas Penulisan Artikel untuk Jurnal Ilmiah 14 s/d 16 Desember 2005 2005
Loknas Penulisan Buku Angkatan I (sebagai Fasilitator) 4 dan 5 Agustus 2008 2008
Semloknas Manajemen Pengelolaan Berkala Ilmiah Angkatan V 28-29 Mei 2008 2008
Karyawan Berprestasi II FMIPA Universitas Negeri Padang 31 Juli 2008 2008

IV. RIWAYAT KEPANGKATAN
GOLONGA Pangkat Tahun
1. CPNS II/a 80% Calon Pegawai Negeri Sipil 1 Maret 1985
2. II/a Pengatur Muda 1 April 1986
3. II/b Pengatur Muda Tk.I 1 April 1988
4. II/c Pengatur 1 April 1992
5. II/d Pengatur Tk.I 1 April 2000
6. III/a Penata Muda 1 April 1996
7. III/b Penata Muda Tk.I 1 Oktober 2004
8. III/c Penata 1 Oktober 2008

PENGALAMAN PEKERJAAN
1. Analis pada laboratorium Virologi dan Virologi di Balai Penyelidikan Penyakit Hewan Wilayah II Bukittinggi 1993.
2. Analis pada laboratorium Water & Mikrobiologi Sucofindo Jakarta 1984-1985.
3. Analis pada labortorium Kimia FPMIPA IKIP Padang 1986-1990.
4. Analis pada labortorium Biologi FPMIPA IKIP Padang 1990-1997.
5. Analis pada labortorium Kimia FMIPA UNP 1998-sekarang.
6. Sekretariat Penerbit UNP Press UNP Padang 2006-sekarang.
7. Sebagai Artikelis Free Lance di berbagai Media cetak (majalah, tabloid, Harian umum)

Tarmizi, B.Sc., S.Pd
NIP 131462563

KASUB BAGIAN PENDIDIKAN
RINCIAN TUGAS POKOK/TANGGUNG JAWAB SEHARI-HARI PNS
TENAGA NON AKADMIK FMIP UNP

1. Mengajukan daftar permintaan alat dan bahan untuk praktikum sesuai dengan topik-topik praktikum pada semester yang berangkutan.
2. Melayani dosen dan mahasiswa dalam peminjaman dan pengembalian alat dan bahan kimia.
3. Memeriksa, menghitung dan mencatat jumlah dan keadaan alat dan bahan untuk praktikum dan penelitian berupa daftar inventaris.
4. Membukukan secara rapi peminjaman alat dan bahan-bahan laboratorium.
5. Membukukan secara rapi setiap alat dan bahan baru yang masuk ke laboratorium.
6. Menyiapkan materi rencana dan topik praktikum untuk matakuliah praktimum baru atau ikut merevisi penuntun praktikum sebelumnya seuai dengan ketersediaan alat dan bahan.
7. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjwaban.
8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.
9. Melayani mitra UNP (universitas lain, sekolah, lembaga lain atau perusahaan) dalam riset, pengabdian pada masyarakat atau praktikum.
10. Memandu mahasiswa piket dalam pembuatan pereaksi atau merakit alat (bila diperlukan).
11. Mereparasi alat yang rusak ringan atau mengganti komponen yang rusak.
12. Menmodifikasi alat tertentu atau menginstal alat baru bila diperlukan.
13. Membuatkan buku pemakaian alat yang baru, memeriksa atau mengganti buku pemakaian alat yang sudah penuh.

Mengetahui, Padang, 1 Mei 2009
Pembantu Dekan II
FMIPA UNP

Tarmizi, B.Sc., S.Pd
NIP 131462563
Drs. H. Yarman, M.Pd
NIP 1315968297

Tidak ada komentar:

Automatic translation of this blog (Terjemahan Otomatis Blog ini)

Entri Populer

Lingkaran UNP Press